f Jelang Cheng Beng Warga Tionghoa Padati Pemakaman Cina Medan ~ christie

Minggu, 01 April 2018

Jelang Cheng Beng Warga Tionghoa Padati Pemakaman Cina Medan


Dominoqq Terpercaya 2018 - Puluhan warga Tionghoa melakukan peringatan Cheng Beng atau ziarah kuburan di Pemakaman Cina Jalan Stasiun, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Medan, Minggu (1/4/2018).

Ziarah kuburan ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa dan memiliki makna untuk menghormati leluhur. Peringatan Cheng Beng biasanya jatuh di bulan April pada tanggal 5 menurut penanggalan kalender Lunar.

Sekitar dua minggu sebelum tanggal 5, masyarakat Tionghoa sudah mulai melakukan sembahyang di kuburan. Masyarakat Tionghoa biasanya akan berkumpul bersama keluarga pada peringatan ini. Seorang keturunan Tionghoa yang menetap di Jakarta, Rudi, sengaja pulang ke Kota Medan untuk melakukan ziarah kuburan di Pemakaman Cina tersebut.

Menurutnya, peringatan Cheng Beng lebih penting daripada perayaan Imlek, namun bukan berarti Imlek tidak penting.

"Kita setahun sekali kumpul semua sama saudara yang jauh-jauh atau dari mana. Mungkin ada cucu baru, disitu kita tahu. Di Cheng Beng ini kita berkumpul sama keluarga. Menurut saya Cheng Beng penting, mengingat jasa leluhur itu penting," ujar Rudi.

Datang bersama keluarganya, Rudi melakukan sembahyang kepada leluhur keluarga ayahnya. Sedangkan Senin (2/4/2018) mendatang, dirinya akan melakukan ziarah ke makam leluhur keluarga ibunya.

Senada dengan Rudi, warga Kota Medan, Joe juga melakukan ziarah kuburan di Pemakaman Cina, Kedai Durian. Menurutnya, Cheng Beng penting karena banyak yang pulang kampung saat peringatan Cheng Beng.

"Ini tradisi Tionghoa untuk menghormati leluhur. Cheng Beng ini penting karena banyak pulang kampung waktu Cheng Beng," ujarnya.

Ritual Cheng Beng dimulai dengan menyalakan dupa atau Hio dan memanjatkan doa-doa. Puncak sembahyang ini adalah dengan membakar benda-benda berupa kertas emas, kertas perak, uang yang terbuat dari kertas dan lainnya. Joe mengatakan, hal itu melambangkan apa yang mereka berikan atau bakar tersebut dapat diterima leluhur di alam sana.

0 komentar:

Posting Komentar