f Gunung Sinabung Batuk Batuk Lagi Kota Brastagi Diguyur Hujan Lumpur ~ christie

Kamis, 28 Desember 2017

Gunung Sinabung Batuk Batuk Lagi Kota Brastagi Diguyur Hujan Lumpur


Bwinqq Dominoqq Terpercaya - Sinabung yang saat ini masih saja berstatus Awas (level IV) tampak terus menerus ‘terbatuk-batuk’ alias erupsi, seperti Rabu (27/12/2017) sore.

Sore itu, persisnya jam 15.00, erupsi yang tertutup kabut tebal sontak juga membuat Kota Berastagi berubah menjadi sangat gelap. Itu diperparah dengan awan merah akibat letusan erupsi gunung api tersebut. Alhasil, hujan lumpur berskala sedang menguyur kota wisata itu.

“Gawat kali hujan lumpur dari letusan Gunung Api Sinabung menerjang hingga sampai kemari. Tetapi kita juga tetap syukuri, meski liburan kita saat ini sudah ditemani dengan curah hujan lumpur,” ucap Deri dan Nina, wisatawan asal Labuhanbatu yang ditemui Metro24Jam di Hotel Rudang, Berastagi, kemarin (27/12/2017) sore.

M Nurul Asrori, petugas pemantau Gunung Api (PGA) Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Karo, kepada wartawan juga sudah menyebut erupsi sepanjang pagi hingga sampai siang kemarin terjadi 3 kali. Itu dimulai dari pukul 09.00-12.00 WIB dengan ketinggian erupsi rata – rata mencapai 2.800 meter

Sementara untuk awan panas pada pukul 12 siang (kemarin) mencapai 4.600 meter ke arah selatan dan 3.500 meter ke tenggara.

“Sedangkan untuk erupsi saat ini jam 15.00 wib, erupsi Gunung Sinabung juga tidak teramati (terpantau) disebabkan sekitar Gunung Sinabung tertutup kabut,” jelas Nurul Asrori.

Dijelaskannya, mungkin turunnya hujan lumpur yang mengguyur wilayah Berastagi akibat dari erupsi Gunung Sinabung. Dimana abu vulkanik juga sudah menuju timur sehingga suasana di Berastagi gelap sesaat ketika terjadi air hujan bercampur lumpur dari erupsi tersebut.

Sebelum hujan lumpur terjadi, abu vulkanik lebih dulu ‘menyiram’ kota Berastagi, kemudian awan gelap kemerahan perlahan menuju Berastagi sekitar. Seiring cucuran hujan, tetesan air bercampur lumpur vulkanik pun turun.

0 komentar:

Posting Komentar