f Warga Siantar Heboh Dengan Munculnya Pelangi Api ~ christie

Senin, 11 Juni 2018

Warga Siantar Heboh Dengan Munculnya Pelangi Api


Dominoqq Terpercaya 2018 - Warga Pematang Siantar dibuat terkagum-kagum dengan kemunculan satu fenomena alam, Senin (11/6/2018) sekira jam 18.17 Wib. Banyak orang tidak sempat melihat atau mengabadikan fenomena tersebut. Fenomena awalnya hanya terlihat cukup kecil. Namun semakin lama, makin membesar.

netizen pun dibuat terheran-heran dengan kemunculan fenomena ini. Fenomena tersebut terlihat berbentuk seperti piringan yang memancarkan sinar dari hasil bias cahaya matahari.

“Ledakan nuklir itu gaes,” tulis akun @wicaksanalala2048.

“Settingan itu… Settingan Tuhan…,” tulis @syailendra_andi, menggambarkan kekagumannya.

Dikutip dari berbagai sumber, awan warna-warni ini dikenal sebagai pelangi api atau awan pelangi. Awan ini terbentuk ketika cahaya matahari diuraikan oleh tetesan air yang ada di atmosfer.

Fenomena awan pelangi sering kali terjadi bersamaan dengan badai, namun bisa terjadi pada suatu siang yang sangat panas dan lembab. Kebanyakan awan pelangi terbentuk di atas awan kumulus.

Menurut Les Cowley, seorang ahli dalam fenomena atmosfer, fenomena ini terbentuk ketika awan kumulus membawa udara panas ke atas dan mendorong lapisan udara semakin tinggi ke atas. Udara yang terdorong akan mengembang dan mendingin.

Peristiwa itu terjadi ketika uap yang ada di udara secara tiba-tiba mengembun menjadi tetesan kecil untuk membentuk ‘awan topi’ yang disebut pileus. Awan inilah yang akan menguraikan cahaya matahari menjadi beragam warna yang mempesona.

Meskipun proses pembentukan awan pelangi terdengar mudah, fenomena ini sangat jarang terlihat dan sedikit sekali yang berhasil diabadikan. Menurut Cowley, tidak semua pileus memunculkan awan pelangi. Selama ini fenomena awan pelangi yang berhasil diabadikan biasanya berasal dari Florida, Asia Tenggara, dan pada garis khatulistiwa di Afrika.

0 komentar:

Posting Komentar