f Jelang Mayday Sekitar 1000 Buruh Akan Lakukan Aksi Di Hari Buruh Sedunia ~ christie

Minggu, 29 April 2018

Jelang Mayday Sekitar 1000 Buruh Akan Lakukan Aksi Di Hari Buruh Sedunia


Dominoqq Terpercaya 2018 - Seribuan buruh dikabarkan akan melakukan aksi demo pada (1/5/2018) nanti. Sebagai bentuk untuk memperingati hari buruh sedunia atau Mayday yang akan jatuh pada tanggal 1 Mei.Ketua DPP Serikat Pekerja Indonesia (SPI) sekaligus koordinator aksi Gerakan rakyat melawan Sumatera Utara, Amien Basri mengatakan aksi akan dilakukan selama 2 hari pada tanggal 1-2 Mei 2018.

"Pada hari pertama Mayday kita hanya akan melakukan orasi dari titik kumpul di Istana Maimoon longmarch menuju Lapangan Merdeka Medan," kata Amien melalui sambungan telepon seluler, Minggu (29/4/2018).

"Selanjutnya hari kedua kita juga akan melakukan longmarch dengan titik kumpul dari bundaran nol kilometer didepan Kantor Pos Pusat Medan menuju, Bundaran Majestik dan berakhir di Gedung DPRD Sumut," tambahnya.

Amien mengatakan akan ada seribu orang massa yang terdiri dari, SPI, SBSI-92 Kota Medan, SPMS, FPBI, SPRIN, PPMI Kota Medan, PSTP Belawan, LBH Medan, KONTRAS Sumut, PBHI Sumut, BAKUMSU, BITRA Indonesia, ASB, FITRA Sumut, WALHI, LIRA, HMI UMSU, HMI FISIP USU, SMI Medan dan GMNI Graha Kirana.

"Tuntutan kami minta Perpres nomor 20 tahun 2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing. Kami menolak karena adanya tenaga kerja asing berpotensi bisa memecah belah tenaga kerja lokal. Terlebih tenaga kerja asing upahnya lebih besar dibandingkan tenaga kerja lokal," ungkap Amien.

Amien menjelaskan bahwa dulunya tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Indonesia diwajibkan harus bisa berbahasa Indonesia. Tapi saat ini banyak perusahaan yang memberikan kesempatan lebih besar kepada tenaga kerja asing.

"Kita menolak pekerja asing yang statusnya buruh kasar seperti kami. Karena sebelumnya kan lebih banyak pekerja luar yang diterima karena mempunyai skill dan kemampuan jauh diatas rata-rata warga Indonesia," tuturnya

Lebih lanjut, Amin berharap pemerintah hendaknya harus bisa menuntaskan persoalan tenaga kerja di Indonesia. Agar upah murah yang saat ini terjadi bisa dihapuskan. Terkait UU nomor 13 tahun 2003 kita minta jangan dihilangkan dan revisi. Karena akan merugikan buruh.

"Yang jelas aksi kita nanti tidak ada ditunggai politik manapun. Karena aksi kita murni oleh kami kaum buruh, nelayan dan mahasiswa. Ini gerakan murni keinginan buruh, bukan ditunggai politik manapun," pungkas Amien.
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay.

0 komentar:

Posting Komentar